Selain Beri Kemudahan, Aplikasi SIMPEL juga Dukung E-Govt

By Admin

nusakini.com--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mendukung peluncuran aplikasi Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri (SIMPEL) yang dilakukan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Menurutnya, inovasi ini selain memberi kemudahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), juga mendukung penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang banyak dikenal dengan electronic government (e-govt). 

“Peluncuran aplikasi SIMPEL yang dimotori pak Mensesneg Pratikno sangat baik, selain memberi kemudahan, aplikasi ini juga wujud dukungan dalam penerapan SPBE,” ujarnya usai acara peresmian Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri (SIMPEL), di gedung Krida Bhakti Kementerian Sekretariat Negara, kemarin.

Sementara itu Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan monitoring status permohonan dan menyampaikan laporan perjalanan dinas ke luar negeri. Aplikasi SIMPEL lahir atas dorongan Menteri PANRB untuk menghadirkan pelayanan yang prima. Dengah adanya aplikasi SIMPEL, proses yang selama ini dinilai cukup panjang mejadi lebih sederhana, sesuai nama aplikasi tersebut SIMPEL. 

Aplikasi SIMPEL juga dapat mengurangi penggunaan kertas. “Biasanya kan paperfull, sekarang jadi paperless. SIMPEL membuat lebih sederhana karena entry data oleh aplikasi dan diverifikasi oleh institusi secara sederhana dengan digital,” ujarnya. 

Dikatakan, pengembangan SIMPEL tidak sebatas pada proses digitalisasi mekanisme kerja yang selama ini dilakukan manual menjadi elektronik. Lebih dari itu, juga merupakan upaya debirokratisasi dengan penyederhanaan proses penangananan administrasi perjalanan dinas luar negeri. 

SIMPEL dilengkapi dengan fitur yang dapat mempermudah pemantauan efektivitas perjalanan dinas luar negeri. Fitur lain adalah penyampaian laporan hasil pelaksanaan perjalanan dinas luar negeri melalui sebuah formulir yang distandarisasi dengan tujuan mempermudah proses analisis efektivitas pelaksanaan perjalanan dinas luar negeri. Untuk menjaga keamanan aplikasi SIMPEL, pihaknya menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). (p/ab)